h1

Lidah Buaya

April 4, 2010

Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan tanaman Lidah Buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Secara umum, Lidah Buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebgai tanaman obat dan bahan baku industri.

Berdasarkan hasil penelitian tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), Lidah Buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

Di negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa, saat ini Lidah Buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan.

Manfaat Lidah buaya bagi kasehatan:

Tanaman lidah buaya sudah sejak dahulu dimanfaatkan oleh ratu-ratu kerajaan demi merawat kecantikannya. Zat antioksidan dalam tanaman ini berfungsi untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung, dan beberapa penyakit degeneratif. Selain itu, lidah buaya juga berkhasiat untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut, sebagai pembersih muka, mengatasi jerawat, mengatasi flek hitam, mengatasi ambeien, rematik, diabetes, dan lain lain. Wah, ternyata lidah buaya banyak juga yah manfaatnya . . .!
Berikut tahap-tahap dalam membuat minuman anti jerawat dari Lidah Buaya.
Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu daun lidah buaya yang telah dibersihkan (daunnya tebal, berwarna hijau tua, bagian tepi daun berduri lunak dan pucat ), jeruk nipis, garam dapur, dan gula pasir. Pilih daun yang cukup umur dan tebal.
Kedua, kupas kulit daun hijaunya sehingga daging buahnya kelihatan lalu potong-potong kecil berbentuk dadu. Selanjutnya hilangkan lendirnya dengan membilasnya memakai air bersih.
Ketiga, masukkan potongan-potongan dadu daging lidah buaya ke dalam air mendidih lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian rendamkan ke dalam satu liter air masak dan tambahkan satu sendok makan perasan jeruk nipis.
Keempat, bilas potongan daging daun lidah buaya tadi dengan air masak, lalu tambahkan larutan gula sesuai selera kemudian simpan selama 2-3 jam di dalam kulkas. Minuman lidah buaya siap untuk dinikmati, lebih nikmat bila disajikan dalam keadaan dingin.

Manfaat Lidah buaya untuk kecantikan:

Semenjak Zaman-Zaman Kerajaan tanaman Lidah Buaya (Aloe vera) telah banyak digunakan untuk bidang kesehatan dan perawatan kecantikan. Beberapa manfaat penggunaan lidah buaya, yaitu untuk mencegah serangan jantung, mengatasi jerawat, dan menghitamkan rambut.
Lidah buaya memiliki daun yang bergerigi pada tepinya. Baik daging (isi) dan daunnya dapat dimanfaatkan. Tanaman ini mengandung berbagai macam senyawa yang sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan terutama bagi wanita. Beberapa di antaranya, yaitu :
• lignin, bermanfaat untuk menjaga kelembutan kulit dan menjadikan kulit lebih cantik.
• glikoprotein, berperan dalam menghasilkan rambut yang lembut dan indah.
• antrakuinon dan asam amino yang bermanfaat dalam regenerasi sel kulit.
Pemanfaatan lidah buaya dapat dalam bentuk minuman, seperti minuman anti jerawat (lebih jelasnya lihat artikel bertajuk “Minuman Anti Jerawat”) dan masker wajah.

sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Lidah_buaya

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1949676-tampil-cantik-dengan-lidah-buaya/

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1943795-minuman-anti-jerawat/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: